cara instalasi proxy di windows xp dan 7 (squidnt)

Banyak sekali cara untuk mempercepat akses browsing internet salah satunya dengan menggunakan proxy.


proxy adalah perantara untuk mengakses suatu halaman web yang telah tersimpan dalam cache,
Caching merupakan sebuah cara untuk menyimpan objek-objek Internet yang diminta
(seperti halnya data halaman web) yang bisa diakses melalui HTTP, FTP dan Gopher
di dalam sebuah sistem yang lebih dekat dengan situs yang memintanya,



tersimpannya history suatu halaman web di cache akan lebih mempercepat kita mengakses halaman web
tersebut tanpa harus mengambil data dari server web itu sendiri, dan tentunya akan mempersingkat waktu
dan menghemat bandwith.

oke tidak usah banyak basa basi langsung aja silahkan download
squid27 nya DISINI

> extract squid27 ke drive c (tentunya kompuer anda harus sudah terinstall winrar )

> pastikan hasil extract squid sudah ada di drive C



> buka folder etc, C/squid/etc

folder tersebut berisi


> copy ke empat file tersebut dan paste kan pada folder yang sama


> kemudian hapus text "copy of" dan ".default" dari ke empat file
yang tadi telah di copy



> buka file squid.conf dengan menggunakan notepad++, atau dengan notepad bawaan windows juga ga papa


Hapus isi file tersebut (untuk backup masih ada file squid.conf.default yg bisa dicopy & rename lagi),
isi dengan konfigurasi seperti dibawah ini:

==============================================================
http_port 3128
dns_nameservers 208.67.222.222 208.67.220.220
acl shoutcast rep_header X-HTTP09-First-Line ^ICY.[0-9]
upgrade_http0.9 deny shoutcast
acl apache rep_header Server ^Apache
broken_vary_encoding allow apache

acl all src all
acl manager proto cache_object
acl localhost src 127.0.0.1/32
acl localnet src 10.0.0.0/8 # RFC1918 possible internal network
acl localnet src 172.16.0.0/12 # RFC1918 possible internal network
acl localnet src 192.168.0.0/16 # RFC1918 possible internal network
acl Safe_ports port 80 # http
acl Safe_ports port 21 # ftp
acl Safe_ports port 443 # https
acl Safe_ports port 70 # gopher
acl Safe_ports port 210 # wais
acl Safe_ports port 1025-65535 # unregistered ports
acl Safe_ports port 280 # http-mgmt
acl Safe_ports port 488 # gss-http
acl Safe_ports port 591 # filemaker
acl Safe_ports port 777 # multiling http
acl CONNECT method CONNECT

http_access allow manager localhost
http_access allow localhost
http_access allow localnet
http_access deny manager
http_access deny !Safe_ports

refresh_pattern ^ftp: 1440 20% 10080
refresh_pattern ^gopher: 1440 0% 1440
refresh_pattern -i (/cgi-bin/|\?) 0 0% 0
refresh_pattern . 0 20% 4320

cache_mem 8 MB
cache_swap_low 98
cache_swap_high 99

access_log c:/squid/var/logs/access.log
coredump_dir c:/squid/var/cache

access_log none
cache_store_log none
==============================================================

lalu save konfigurasi diatas


konfigurasi di atas bisa dirubah sesuai dengan ke butuhan anda
mohon kepada para master untuk ditambahkan/koreksi...!!

kemudian saat nya kita membuat folder swap dan menginstall services squid

Pada Windows 7 matikan dulu UAC (User Account Control)
di control panel >> administrative tools >> User Account Control
turunkan di level paling bawah kemudian restar pc

> Buka Command Prompt di windows dengan cara ketik "cmd" dikolom Run

> pindah ke direktori C:\squid\sbin> dengan cara ketik 
cd c:\squid\sbin


> Setelah pindah direktori C:\squid\sbin
ketik perintah squid -z yg gunanya untuk membuat swap directory Squid


> masih di direktori C:\squid\sbin> ketik perintah squid -d l -D untuk membuat cache


karena gak balik2 ke c:\ prompt lagi, maka teken aja CTRL-C
dan perintah tersebut menggunakan huruf L kecil.

> masih di C:\squid\sbin> ketik perintah squid -i
untuk menginstall services

> kemudian jalankan services squid sekarang dengan ketik
net start squid

pastikan bahwa squid telah ber operasi salah satunya dengan cara masuk pada task manager
ctrl-alt-del



sampai disini squid telah berjalan pada sistem anda.

>>Seting Proxy pada browser<<


> setting di mozilla firefox

masuk pada tab tools >> options >> advance >> network >> setting


pilih manual proxy configuration
pada http proxy isi 127.0.0.1 port 3128

lalu ok





> setting di internet explorer

masuk pada tab tools >> connections >> LAN setting


centang use proxy server for your LAN

isikan pada address 127.0.0.1 port 3128

centang bypass

lalu ok



sekarang saatnya test browsing, buka situs apa aja
kemudian tutup dan buka lagi

bedakan pada saat membuka pertama kali dan yang kedua akan lebih cepat yang kedua
kenapa ? karena anda tidak lagi request ke web server situs tersebut melainkan dari cache yang tersimpan di pc anda.

apabila anda tidak dapat browsing berarti install squid belum berhasil
coba teliti lagi apa yang belum anda lakukan, atau ulangi perintah dari awal

selamat mencoba ...!


Komentar

  1. maksih mas agus.... sangat bermanfaat... :)

    BalasHapus
  2. Terima Kasih Gan... Postingan Ini Bermanfaat Bgt !

    BalasHapus
  3. ma sama gan, bagaimana berhasil kah ?

    BalasHapus

Posting Komentar